Siapa Sangka Pengamen Terkenal di Jogja Ternyata Pria Kelahiran Aceh Timur

Foto : M Ubai Dillah Afandi, penyanyi kafe terkenal di daerah istimewa Kota Jogja asal Aceh Timur



Aceh Timur, JMA - Nama M Ubai Dillah Afandi, penyanyi kafe terkenal di daerah istimewa Kota Jogja, yang banyak membawakan lagu-lagu artis ternyata asal Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Ubai, nama panggilannya. Lelaki kelahiran 27 Agustus 2002 di Ranto Panjang Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. 

Anak dari ibu Aniar, dan orang tua lakinya yang sudah almarhum Wedi Heffry. Ubai pernah bersekolah di SD  Bukit Selamat, Kecamatan Besitang, Langkat, Sumatera Utara, lalu di SMP 6 Ranto Panjang Peureulak, hingga lulus di MAN Peureulak, Kabupaten Aceh Timur. 

Ubai mengawali kariernya sebagai seorang penyanyi di Kota Jogja. Sebelum terkenal, Ubai mengikuti audisi yang diadakan oleh Tri Suaka melalui daring pada sebuah aplikasi platform streaming yang diikuti oleh ribuan orang di Indonesia. 

Audisi yang digeluti nya itu akhirnya berhasil memasuki final 30 besar, Ubai akhirnya terbang ke Kota Jogja dengan modal pas-pasan. Karna harus berdomisili di Jogja membuat Ubai nekat terbang sendirian ke kota Kerajinan saat ia berumur 18 tahun. 

Ketika Ubai tiba di Kota Jogja dirinya tinggal di asrama tetangga kampung halamannya yang berkuliah Kota Jogja selama audisi dalam jangka waktu beberapa bulan. Nasib Ubai akhirnya kandas dan dinyatakan tidak lolos ke babak berikutnya. Sempat putus asa, mengingat doa orang tuanya di Ranto membuat ia tak menyerah hingga memaksakan diri dan akhirnya bertemu dengan seorang family Tri Suaka. 

Keluarga dari Tri suaka yang membantu Ubai dan memberikan tempat tinggal di basecamp Tri suaka, dia juga yang mencarikan panggung untuk Ubai ngamen di Menoewa kopi Jogja. Ubai sempat memngamen di jalanan dan lampu merah. 

Mengingat era digital yang sekarang ini, pada saat itu Ubai mengajak family Tri Suaka membuat saluran YouTube dan sejumlah videonya viral hingga diakui oleh Tri Suaka. Bahkan, Tri Suaka sempat mengajak Ubai untuk ngamen di pendopo lawas, Tri mengakui Ubai memiliki kemiripan suara dengannya. 

Kini Ubai memiliki ratusan ribu penggemar dan berhasil menoreh penghargaan Silver Playbutton. Bersama Tri Suaka, Ubai merilis album baru dengan judul “Tuhan Sayang Padaku” yang di produser kan oleh Tri Suaka.

“Berkat doa orang tua dan disupport oleh teman-teman membuat Ubai menjadi seperti ini. Ubai sangat bersyukur atas apa yang telah Ubai geluti,” kata Ubai, kepada wartawan Selasa, (1/8/2023). 

Itulah M Ubai Dillah Afandi, penyanyi kafe terkenal di daerah istimewa Kota Jogja, asal Ranto Panjang Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama