Abu Tumin Wafat, Gubernur Aceh Minta Masyarakat Shalat Ghaib

Abu H Muhammad Amin Bin Mahmud (Abu Tumin) meninggal dunia di RSUD Fauziah, Bireuen, Selasa 27 September 2022.

Banda Aceh
- Innalillahi wainnailaihi raji'un,Aceh berduka, Ulama karismatik Teungku Muhammad Amin Bin Mahmud atau lebih dikenal Abu Tumin Blang Blahdeh meninggal dunia.


Abu Tumin meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Fauziah, Bireuen, Aceh, Selasa 27 September 2022 sore. 


Di Konfirmasi awak media, Teungku Faisal Ali Ketua Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, membenarkan bahwa Abu Tumin telah wafat.


"Benar Abu Tumin telah meninggalkan kita," Ujar Teungku Faisal. 


Abu Tumin semasa hidupnya di kenal sebagai sosok tokoh agama Islam yang sangat berpengaruh di Aceh, Abu Tumin wafat pada usia 90 tahun.


Abu Tumin merupakan pimpinan pondok pesantren Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Bireuen. Kabar meninggalnya Abu Tumin beredar cepat di media sosial.


Abu Tumin termasuk salah satu ulama paling berpengaruh di Aceh. Abu kerap dimintai pendapat oleh pemerintah Aceh mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan pemerintah dan agama.


Pemerintah Aceh menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya Abu Tumin. Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengajak masyarakat Tanah Rencong melaksanakan salat gaib untuk Abu Tumin.


"Innalillahi wainnailaihi raji'un. Atas nama pribadi, Pemerintah Aceh dan seluruh masyarakat Aceh kami menyampaikan duka cita. Doa kami semua, insya Allah almarhum Abu Tu Min mendapatkan tempat yang paling layak di sisi Allah," kata Marzuki dalam keterangannya.


"Meninggalnya beliau menjadi kehilangan besar bagi Aceh, di mana salah satu tokoh agama, ulama kharismatik Aceh, kembali dipanggil Yang Maha Kuasa," ujarnya.


Laporan : Irwansyah

Editor : Redaksi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama