Elemen Sipil Nilai Penemuan Senjata Api di Lapas Kelas IIb Aceh Timur, Aceh Janggal dan Aneh


ACEH TIMUR- Penemuan Senpi di Lapas kelas IIB Aceh Timur.Aceh, senin (15/08/22) telah menimbulkan bermacam spekulasi di kalangan masyarakat, tak sedikit yang berasumsi mustahil senjata api bisa di masuk ke lapas tersebut dengan penjagaannya sangat ketat.


Penggiat Sosial Aceh Timur, Darwin Eng menilai penemuan senjata api jenis FN lengkap 8 butir proyektil dan magazine sangat janggal dan aneh

 

"Soal nya, penjagaan di Lapas kelas IIB Idi sangat ketat, jika pun tidak terlibat oknum sipir, berarti sebagai bentuk kelalaian," ujar Darwin Eng kepada jurnalmediaaceh.com, rabu(17/8/22). 


Penemuan senjata illegal di Lapas tersebut bukanlah kasus baru, selama ini banyak narkoba bisa masuk ke Lapas bahkan transaksi di kendalikan dari dalam penjara.


"Tapi ini sangat fatal dan berbahaya, senpi bisa lolos ke dalam Lapas, jika sempat terjadi aksi sebagaimana di utarakan kepala Kalapas Indra Gunawan, kita tak bisa membayangkan apa yang akan terjadi," tambahnya penggiat sosial tersebut.


Ia minta Kakanwil Kumham Aceh untuk evaluasi terhadap pegawai sipir Lapas kelas IIB , apakah bentuk kelalaian petugas atau mereka (oknum) ikut terlibat


"Seluruh pegawai harus di periksa dan di evaluasi apakah bentuk kelalaian atau ada unsur kesengajaan keterlibatan oknum sipir," pungkas Win Eng 


Diberitakan sebelum nya, pihak Lapas temukan senpi jenis FN di area pot bunga depan ruang kamar tahanan no 13 dan 14 yang di balut dengan kain, senin (15/08) sekitar pukul 14,30 WIB.


Menurut Kalapas Kelas IIB Indra Budiman, penemuan Senpi berawal dari informasi masyarakat ke pihaknya,


Bahkan beber Indra, mereka akan melakukan aksi nya pada hari senin 15 agustus bertepatan peringatan perdamaian Aceh


Saat ini Barang Bukti(BB) dan 3 narapidana berinisial HD,ZB dan MS dan IS, telah di amankan oleh Polres Aceh Timur untuk penyelidikan lebih lanjut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama