Air Sungai Tercemar Limbah PKS, DLH Dimintak Tunjukan Berita Acara Hasil Surve Awal di Indra Makmu Aceh Timur, Aceh


Aceh Timur I JMA-Terkait dugaan pencemaran air sungai di Krueng Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa, 9/8/22. kembali berubah warna, hal tersebut diduga diakibatkan dari limbah salah satu perusahaan sawit milik swasta.

 

Berdasarkan keterangan warga setempat Muhammad Nuraqi, dimana pencemaran air sungai tersebut sudah terjadi sejak setahun terakhir ini, dan pemerintah juga telah mengutus tim dari Dinas Lingkungan Hidup Aceh Timur untuk melakukan surve awal terhadap air sungai tersebut.

 

“Ada tiga petugas yang di utus dari DLH Aceh Timur pada 2 Agustus 2022 lalu, yaitu Jamaluddin ST Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Atturmuzi SE  Kasi Pengendalian Kerusakan Lingkungan, dan Darwin SE  Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan.” Ujar warga tersebut kepada jurnalmediaaceh.com

 

Berdasarkan surat tugas ketiga petugas tersebut di tugaskan untuk melakukan surve awal atas dugaan pencemaran air limbah Pabrik kelapa sawit di Krueng Alue ie mirah kecamatan Indra Makmur, Selain itu petugas terebut juga melakukan kunjungan ke Pabrik Kelapa Sawit PT-BPS.

 

“Selanjutnya petugas Dinas lingkungan hidup, bersama Manager pabrik kelapa sawit PT-BPS  mendatangi lokasi dan memantau kondisi air limbah serta kondisi kolam-kolam penampungan limbah, dari peninjauan tersebut terlihat air dari kolam limbah terakhir yang berwarna hitam masih mengalir ke aliran sungai warga.” Tambahnya Muhammad Nuraqi

 

Nuragi berharap agar DLH Aceh timur dapat kita berharap DLH membuat berita acara hasil survey nya, tentang temuan berdasarkan fakta dilapangan. 

Laporan :Ilham Zulfikar/ Aceh

 

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama