Pengabdian Kepada Masyarakat, Dosen Fakultas Kedokteran Berikan Pelatihan untuk Tenaga Kesehatan RS Cut Meutia


Lhokseumawe, JMA - Sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Fakultas Kedokteran Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian dengan melakukan kegiatan pelatihan di RSUD Cut Meutia, Aceh Utara. Kegiatan dilakukan pada hari Kamis,  (18/11/2021) tepatnya pada Aula RSUD Cut Meutia. Peserta yang hadir adalah tenaga kesehatan yang berjumlah 20 peserta.


Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB, diawali dengan registrasi, pembukaan oleh moderator yaitu dr. Mardiati, M.Ked(Ped), Sp.A, dan dilanjutkan dengan serangkaian acara yang terdiri dari pre-test, penyampaian materi, dan post test yang disampaikan oleh dr. Anna Millizia, M.Ked(An), Sp.An. Pada awal kegiatan diadakan pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang Resusitasi Jantung Paru (RJP) di era Covid-19, kemudian di akhir acara juga dilakukan post-test untuk membandingkan pengetahuan peserta sebelum dan sesudah dilakukan penyampaian materi yang disampaikan. 


Tidak hanya mendengarkan materi yang disampaikan, peserta juga dilakukan pembagian kelompok untuk pre-test dan post-test dalam melakukan praktek Resusitasi Jantung Paru (RJP) di era Covid-19 menggunakan manekin. Dalam satu kelompok terdiri dari 4 bidan/perawat dan 1 dokter. Tampak antusias yang baik dari peserta sehingga kegiatan berjalan dengan cukup baik dan lancar. Setelah dilakukan post-test, terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta tentang BHD.


Pada penghujung acara, dr. Mardiati, Sp.A menutup kegiatan dengan berpesan "Kami sangat berharap, apa yang kami sampaikan, tunjukkan serta kita demonstrasikan bersama dapat terus di aplikasikan”.


Kegiatan berjalan dengan lancar sampai akhir acara, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditutup dengan diskusi yang interaktif antara peserta dan narasumber. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pembagian souvenir. (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama