Ilham Zulfikar, Sosok Jurnalis Kreatif, yang Bertahan Hidup Dimasa Pandemic Covid-19


JMA
, Aceh Timur
- Dua tahun dunia di landa wabah penyakit yang sangat ganas, Penyakit yang di katakan virus tersebut, berasal dari negeri Cina yang saat ini telah melanda Ke negara yang melandaskan pancasila yaitu Republic Indonesia.


Usai menguasai dunia, Virus Covid-19 juga menguasai Daerah –daerah di pelosok Indonesia, termasuk provinsi Aceh.


Namun hari demi hari terus berlalu, gejolak virus terus membuat suasana di Indonesia terkesan suram, akan tetapi, masyarakat di seluruh daerah terus berusaha untuk bertahan demi memenuhui kuwajiban menghidupkan keluarga mereka masing-masing.


Hal itu juga tidak terlepas dari peran seorang jurnalis dalam menjalankan tugas profesinya untuk bisa mengabarkan situasi pandemik di daerah masing-masing.


Seperti salah satu Jurnalist tvOne di wilayah Kabupaten Aceh Timur Ilham Zulfikar yang sekaligus ketua jurnalis muda aceh (JMA), mengaku, selama pandemik menjular ke daerah ya di Aceh Timur, iya sangat terdampak dari segi penghasilan selama ini, beruntungnya ia mempunya usaha mikro yang di rintis sejak akhir 2018 lalu dan bertahan hingga sekarang.


“Alhamdulillah selain menjalan profesi wartawan saya juga seorang tukang kerajinan  Alumunium Kaca yang berkedudukan tidak jauh dari rumah saya yang beralamat di Desa Blang Guci, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur.


Walaupun dua terakhir ini omzet penjualan menurun.” Terang Ilham Zulfikar, kamis, 18/11/21.


tambahnya ilham, selain meliput berita di wilayahnya itu, kegiatan sehari-harinya membuat lemari berbahan kaca dan alumunium, tapi sangat di sayangkan.


“ di masa seperti ini, harga bahan kebutuhan pekerjaan serba naik, sehingga kita kesulitan untuk menjual produk kita.” Tambahnya ilham 


Kini ia terus berusaha untuk mempertahankan usahanya tersebut, agar ia bersama keluarganya bisa menjalani kehidupan dengan  tampa kekurangan.


Ia berharap agar pemerintah dapat memperhatian para jurnalis yang bertahan di masa pandemik seperti saat ini setidaknya ,ada penghargaan kecil yang di beri pemerintah selaku ucapan terimakasih telah membantu pemerintah dalam membrantas virus corona tersebut.[•]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama